Pulsar 135 LS vs Minerva R150VX

Pulsar 135 LS vs Minerva R150VX

Pulsar 135 LS dan Minerva R 150 VX dalah motor yang sama – sama baru dilauncing. Keduanya merupakan alternatif pilihan jika kita sudah bosan dengan motor jepang. Menarik untuk dicermati kelebihan dan kekuarangan masing masing. Mari kita cermati keduanya seandainya kita disuruh memilih.

1. Desain

Secara kasat mata kedua memang beda aliran. Minerva R 150 VX merupakan motor sport sejati yang bisa menarik perhatian siapapun yang melihat. Sedangkan Pulsar 135 LS cenderung beraliran street bike yang lebih cocok untuk touring. Perhatikan lebih detail Minerva R 150 VX siapa yang gak kepincut dengan model full fairing dengan lampu utama projection, lampu sen led dengan garis bodi dari depan sampai buritan yang ciamik mirip motor sport punya Honda. Walaupun full fairing dan ber cc lebih gede ternyata bobot Minerva lebih ringan dari Pulsar 135 LS. Pantas jika majalah otomotif memberikan gelar best design untuk Minerva. Jadi jika anda mengedepankan style dan jarang ke luar kota tidak usah ragu Minerva R 150 VX memang pilihan yang tepat.

2. Performa

Bagaimana dengan performanya? walaupun Pulsar 135 LS mengusung mesin ber cc lebih kecil tapi performanya jauh diatas Minerva R 150 VX. Teknologi 4 valve dengan 2 busi tidak mampu diimbangi mesin 150 cc Minerva R 150 VX walapun sebenarnya Minerva telah melakukan perbaikan dengan memasang balancer.

Liat saja komparasi keduanya :

Data performa Minerva R150 VX Pulsar 135 LS
0-60 km / jam 5,2 detik 4,8 detik
0-100 km / jam 19,1 detik 18,9 detik
0-201 m 12,3 detik 11,9 detik
0-402 m 20,4 detik 19,5 detik
Konsumsi BBM 36 km / L 45 km / L

Dari data ini terlihat akselerasi Pulsar 135 LS  lebih baik dari Minerva R 150 VX, baik untuk jarak 200 maupun 400 meter. Begitu juga untuk tarikan 0-60 km/jam maupun 0-100 km/jam pulsar meninggalkan Minerva R 150 VX. Untuk urusan pengiritan Pulsar 135 LS juga lebih unggul.   Lumayan jauh selisihnya, jika Minerva 1liter bensin sanggup melaju sejauh 36 km, Pulsar 135 LS 9 km lebih jauh didepannya. Satu hal lagi yang menjadi minus sekaligus tanda tanya mengenai durability mesin. Minerva hanya memberikan garansi mesin sejauh 18.000 km /3 tahun, sedangkan Bajaj sanggup menggaransi sampai dengan 30.000 km /3 tahun sama dengan produk jepang. Jika Anda adalah speed lovers tidak usah ragu Pulsar 135 LS adalah jawabannya.

3. Harga

Mungkin ini kehebatannya bajaj dengan performe yang lebih baik Pulsar 135 LS dibandrol lebih murah dari Minerva R 150 VX. Pulsar 135 LS dibandrol 14.7 juta OTR untuk wilayah Jakarta,sedangkan Minerva R 150 VX dibandrol 16,5 juta.

Jadi pilih yang mana, men ?

Menurutku pilihannya baju Minerva R 150 VX dengan mesin dan harga pulsar 135 LS. Tentu saja pilihan itu tidak ada, jika anda hanya menginginkan style pilihannya tentu Minerva R 150 VX, tapi jika anda perduli dengan performa dan sensitif dengan harga, Pulsar 135 LS tentu pilihan yang tepat.

Berikut ini adalah Spesifikasi Minerva Sachs R 150 VX.

Mesin SOHC Silender tunggal dengan oil cooler dan engine balancer
Jenis Kopling Multiplate. Kopling Basah
Final Rasio 2,533
Diameter x Langkah torak 61 x 49.5
Tenaga Maksimum 13.5 PS / 9.500 rpm
Torsi Maksimum 10.5 Nm / 7.000 rpm
Rasio Kompresi 9.2 : 1
Pengoprasian Gigi 1-N-2-3-4-5
Pengapian Digital CDI dengan Electric dan Kick Starter
Tipe Batterai 12 V-7 AH
Panjang x Lebar x Tinggi 1982 x 675 x 935 mm
Jarak Sumbu Roda 1365 mm
Jarak Terendah 195 mm
Berat Kosong 115 kg
Beban Maksimum 150 kg
Kapasitas Tangki 12 Liter
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Mono Shock
Rem Depan dan Belakang Disc Brake Double Piston
Ban Depan 80/90-17
Ban Belakang 120/70-17

Spesifikasi Bajaj Pulsar 135 Ligth Sports

Engine Type: 4 stroke, air cooled, 4-valve, single cylinder, SOHC, DTS-i
Displacement: 13.66cc
Max Power: 13.5Ps @ 9000rpm
Max Torque: 11.4Nm @ 7500rpm
Bore x Stroke: 54 x 58.8
Compression Ratio: 9.8:1

Gear Box: 5 Speed (Pattern- 1 Down, 4 Up)
Starting: Kick + self start

Front Suspension: Telescopic front fork with antifriction bush (Stroke 130)
Rear Suspension: Trailing arm with Co Axial Hydraulic cum gas filled adjustable shock absorbers and triple rate coil spring

Front tyre: Tubetype Unidirectional 2.75 x 17″
Rear tyre: Tubetype Unidirectional 100/90 x 17″

Front Brakes: 240 mm Disc Brakes
Rear Brakes: 130 mm Drum Brakes

Fuel Tank: 8 liters, 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
Headlamp: 35/35w
Electricals: Full DC

Wheelbase: 1325mm
Ground clearance: 170mm
Kerb Weight: 122 kgs

sumber : OTOMOTIFNET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: