Upgrade motor Bajaj Pulsar 135 ls

Bajaj Pulsar 135 LS  meski hanya dibekali mesin 135 cc, tapi performa tergolong mumpuni. Terutama disumbang teknologi multiklep dan multibusi. Klep berjumlah 4, menjadikan pasokan maupun pembuangan lebih maksimal dibanding yang hanya 2 klep, lantaran volume yang bisa melewati makin besar. Sedang penggunaan busi ganda (DTS-i), menjamin pembakaran tuntas di semua putaran mesin.

Meski begitu, banyak yang merasa tenaga di putaran menengah ke atas terlalu datar. “Bawahnya memang nendang, tapi atasnya terasa pendek nafasnya dan kurang garang,” jujur  pemakai Pulsar 135 LS, Jakbar.

Efek paling terasa, menurutnya kala dipakai jalan ke luar kota yang punya jalan panjang-panjang. “Atasnya terasa ngos-ngosan,” lanjutnya. Sama juga dengan yang diungkap beberapa rekan Mr. Testo,  Sebenarnya hal itu wajar, mengingat karakter mesin diset untuk penggunaan jalanan perkotaan.

Tapi apa kudu pasrah gitu saja? Tentu tidak! Bisa kok, dioprek agar makin yahud kala turing.

Yang perlu diperbaiki adalah :

  • 1. Head Silinder
  • 2. Pengapian
  • 3. Per kopling

Dengan oprekan tak terlalu ekstrem, tenaga dan torsi bisa didongkrak cukup banyak lo. Sebagai catatan, dalam kondisi standar diukur pakai dynamometer Pulsar 135 LS memuntahkan tenaga 13,9 dk/9.200 rpm, torsi 11,78 Nm/6.600 rpm.

Setelah dikorek , meningkat jadi 15,21 dk/9.100 rpm, torsi 13,96 Nm/6.800 rpm. Jika memperhatikan grafik hasil dyno, terlihat tenaga pada putaran menengah ke atas jauh lebih dahsyat. Dan peak power juga dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah. Artinya makin wus… wus…

Sedang torsi di putaran menengah ada sedikit penurunan sesaat sebelum kembali naik. “Efek dari knalpot freeflow, sedang standarnya kan ada semacam tembolok yang membantu meningkatkan torsi,” terang mekanik kita. Mari simak detailnya!

Kepala Silinder
Menurut mekanik kita secara hitungan teori, kombinasi ukuran saluran dan klep sudah bagus. Makanya hanya sedikit ubahannya. Yaitu menghaluskan kulit jeruk, sehingga aliran campuran bahan bakar dan udara bisa makin cepat.

Knalpot
Dibikinkan tipe freeflow, andalkan merek Stanlee dengan bahan stainless steel. “Saya hitung agar nafas makin panjang,” lanjut mekanik yang dibantu dua orang ini.

Pengapian
Perbaikan sektor pengapian dilakukan dua cara. Pertama menambah coil booster buatan APS Motomax. “Membantu pengapian pada putaran menengah ke atas,” terangnya setengah promosi. Cara kedua dengan mengganti koil pakai Protec, yang dirancang khusus untuk Pulsar, makanya dalam satu kemasan ada dua koil.

Karburator
Sedotan bahan bakar makin deras, pembuangan pun lancar, lalu pengapian sudah membesar. Agar pembakaran tak terlalu kering, pasokan bensin harus makin deras. “Setingannya ketemu pilot naik dua step, sedang main jet hanya 1 step,” beber mekanik yang sering bikin motor drag ini. Untuk spuyer tak perlu bingung, lantaran pilot jet mirip milik Yamaha F1Z-R, sedang main jet sama dengan Honda GL.

Kopling
Melengkapi oprekan agar tenaga tersalur sempurna, per kopling diganti. mekanik kita percaya pada bikinan G-Force. “Empuk, namun tendangan baliknya cepat,” terangnya.

Prakiraan biaya Part dan jasa :

Knalpot Stanlee                           600.000

Koil Protec ground strap         450.000

APS Motomax                              200.000

Per kopling G-Force                   100.000

Jasa                                                    400.000

Total                                 1.550.000

Data performa

standar Upgrade                                     KenaikanTenaga
13,9 dk / 8.000 rpm          15,21 dk / 7.700 rpm                                      1,31 dk
Torsi
11,78 nm / 8.000 rpm      13,96 nm / 5.800 rpm                                    2,18 nm

semoga bermanfaat buat pengguna bajaj pulsar 135 ls.

Sumber : Otomotifnet.com

5 responses

  1. Nice info . . .
    motornya mantap di buat harian dan touring . . .
    thank to share . . .

  2. Klo d upgrade ky gini konsumsi bensinnya bagaimana mas bro? Tambah boros kah?
    Trus klo mo service beres terima ga motor upgradean gini? Thx

    1. yang jelas tambah CC semakin boros bro.Kalau beres tetep terima servisnya, yg nggak boleh KLAIM asuransinya HANGUS

  3. wahh lokasi bengkelnya dimana yah ? ini boleh dicoba… pulsar saya yang 135 kyk gak ada tenanganya, jadi kepingin buat ditambahin gitu biar asik kalo touring

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: