Bajaj Pulsar 220 vs Honda Tiger dan Yamaha Scorpio

Bajaj Pulsar 220 Maret 2011 hadir dan langsung mengejutkan! Harga jualnya cuma Rp 18,6 jutaan. Padahal secara teknis, motor Indiaini layak disandingkan dengan Honda Tiger dan Yamaha Scorpio Z. Yuk kita intip fitur ketiga motor ini,apakah yang murah mampu bersaing?

Desain Bodi dan Finishing

Secara desain, Honda Tiger dan Yamaha Scorpio Z tampil lebih gagah. Sebagai motor penjelajah keduanya memilih tampil garang dengan garis bodi tegas. Sedang Pulsar 220 mendesain dirinya sebagai motor turing yang sporty.

Penambahan fairing yang cuma setengah ini diharapkan membuat tampilannya makin sporty. Tapi kok jadi terlihat maksa ya, bagian samping fairingnya membulat, tapi desain buntutnya tetap kaku dengan sudut tajam.

Kombinasi warnanya pun, Bajaj Pulsar 220 paling sederhana. Hanya warna polos dengan emblem logo berwarna perak. Nuansa yang didapat malah jadi terlihat elegan. Sedang Tiger dan Scorpio Z percaya diri dengan motif rame.

Soal finishing detail bodi, frame dan kelengkapannya, Pulsar 220 harus mengakui tak serapi kedua kompetitornya. Part-part kecil pada bodi seperti air ram di fairing, head lamp dan beberapa bagian rangka terlihat tidak mulus.

Fitur dan Teknologi

Tapi ngomongin fitur, ada keunggulan pada Pulsar 220. Paling mencolok ada di panel digital yang digunakannya. Speedometer dan kelengkapan lainnya seperti indikator BBM dan odometer ditampilkan secara digital. Sedang Tiger dan Scorpio masih setia dengan panel analog.

Tapi kunci setang, hanya Tiger yang sudah dilengkapi dengan pengaman bermagnet. Pulsar 220 dan Scorpio Z masih pakai kunci konvensional. Lanjut ke mesin. Ketiganya mengusung kapasitas mesin 200cc ke atas, data dari masing-masing ATPM menyebutkan Pulsar 220 paling bertenaga.

Pulsar 220 menawarkan teknologi dua busi DTSi (Digital Twin Spark Ignition) pada mesin 220cc satu silinder SOHC dua klepnya. Mesin sudah dilengkapi oil cooler ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 21 Ps dan torsi 19 Nm.

Sedang Scorpio hadir dengan mesin yang terkenal bandel. Mesin 223cc nya diklaim punya power 18,2 Ps dengan torsi 17.5 Nm. Sedang yang paling kecil powernya adalah Honda Tiger. Mesin dengan kapasitas bersih 196,9 cc yang sudah 18 tahun mengaspal diIndonesia ini hanya menghasilkan 16,7 Ps.

Kaki-kaki 

Hanya Scorpio Z yang menawarkan suspensi belakang tunggul. Sedang Tiger dan Pulsar 220 masih menggunakan sokbraker belakang ganda tapi sudah dilengkapi tabung oli. Sedang suspensi depannya, semua mengandalkan tipe teleskopik, tapi punya Pulsar 220 paling besar bila dibandingkan dengan kedua kompetitornya.

Urusan roda, Tiger dan Scorpio Z menggunakan lingkar 18 inci. Hanya Pulsar 220 yang pakai 17 ini. Meski lebih kecil, tapi ukuran ban yang digunakan jadi bisa lebih lebar dan tebal. Pulsar 220 pakai ukuran ban 90/90 di depan dan 120/80 di belakang. Sedang Tiger dan Scorpio hanya pakai ukuran 100/90 di roda belakang.

Tapi Scorpio Z punya kekalahan telak dibanding Honda Tiger dan Bajaj Pulsar 220. Motor sport Yamaha ini belum dilengkapi rem cakram di roda belakangnya.

Harga

Hemmm… harga yang bikin kaget. Bajaj Pulsar 220 dijual Rp 18,6! Sedang Honda Tiger dilepas Rp 24,9 juta dan Yamaha Scorpio Z dijual Rp 23,7 jutaan. Dipilih dipilih dipilih……..

 

Bajaj Pulsar 220

Honda Tiger

Yamaha Scorpio Z

Harga OTR Jakarta (Rp,Juta)

18,6

24,9

23,7

Pilihan warna

5

4

3

Dimensi

 

 

 

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

2035 x 750 x1165

2.029 x 747 x 1.093

2.025 x 765 x 1.095

Jarak sumbu roda (mm)

1.350

1.327

1.295

Jarak terendah ke tanah (mm)

155

165

Berat kosong (kg)

150

138

Kapasitas tangki BBM (Liter)

15

13,2

13

Rangka

 

 

 

Suspensi depan

Teleskopik

Teleskopik

Teleskopik

Suspensi belakang

Lengan ayun, sokbreker ganda

Lengan ayun, sokbreker ganda

Lengan ayun, sokbreker tunggal

Rem depan

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Rem belakang

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Tromol

Pelek depan

Casting 17 inci

Casting 18 inci

Casting 18 inci

Pelek belakang

Casting 17 inci

Casting 18 inci

Casting 18 inci

Ukuran ban depan

90 / 90 X 17

2,75 – 18 42L

80/100-18

Ukuran ban belakang

120 / 80 X 17

100/90 – 18

100/100-18

Mesin

 

 

 

Tipe

SOHC DTS-i 4-tak

SOHC 4-tak

SOHC 4-tak

Sistem pendingin

Udara dan Oil Cooler

Udara

Udara

Diameter x langkah (mm)

67 x 62,4

63,5 x 62,2

70,0 x 58,0

Kapasitas silinder (cc)

220

196,9

223

Perbandingan kompresi

9,5 : 1

9,0 : 1

9,5 : 1

Daya maksimum (ps/rpm)

21 / 8.500

 16,7 / 8.500

18.2  / 8.000

Torsi maksimum (Nm/rpm)

19,12 / 7.500

17.5 / 6.500

Sistem pengapian

DC-CDI

AC-CDI

DC-CDI

Sistem starter

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Sumber: Yamaha, Bajaj, Honda

 

 

 

sumber : motorplus

One response

  1. pertamaaxxxxxxxxxxxxx!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: