Tanda Tanda Otot Vagina Kendur

otot vagina kendur

otot vagina kendur

Vagina (dari bahasa Latin vāgīna, yang makna literalnya “selongsong” atau “sarung pedang”) adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan uterus ke alat kelamin bagian luar tubuh, yaitu vulva pada mamalia dan marsupilia betina, atau kloaka pada burung, monotremata, dan beberapa jenis reptil betina. Serangga dan beberapa jenis invertebrata betina juga memiliki vagina, yang merupakan bagian akhir dari oviduk. Vagina merupakan sebagian dari alat reproduksi pada wanita, seperti halnya penis pada lelaki.

Meski banyak perempuan merasa tabu membicarakan soal vagina lebih jauh, namun kenyataannya kesehatan organ vagina juga harus dijaga untuk mencegah penyakit atau masalah disfungsi lainnnya.

Berbagai fungsi vagina seperti untuk melahirkan, jalur untuk mengeluarkan darah menstruasi, jalur untuk mengalirkan sperma dan sebagainya malah membuat kita para perempuan untuk lebih fokus memperhatikan kondisi organ kewanitaan yang dimiliki.

Sadar atau tidak, ada tanda-tanda otot vagina Anda sudah kendur yang mungkin akan berdampak pada beberapa kebiasaan lainnya. Apalagi, proses melahirkan, gravitasi, menopause, kebiasaan merokok an obesitas acapkali menjadi penyebab otot vagina kendur.

Seiring waktu, akan terjadi pula pelemahan otot dasar panggul yang tentu juga berkaitan dengan tanda-tanda otot vagina yang kendur. Lalu, apa sajakah ciri-ciri otot vagina sudah kendur?

Tanda otot vagina kendur adalah Kebocoran urin seperti ‘ngompol’ jika Anda bersin atau batuk. Selanjutnya ialah Anda seperti merasa membuang gas tanpa sengaja. Tonjolan vagina yang biasa tidak terlalu kelihatan namun semakin kelihatan seiring pertambahan usia menandai bahwa otot vagina sudah kendur. Contoh yang paling nampak adalah saat Anda mengenakan celana senam atau celana legging yang ketat, lalu nampak ‘jiplakan’ tonjolan vagina yang sangat terlihat.

Tanda otot vagina kendur lainnya ialah adanya tekanan konstan yang dirasakan atau menimbulkan sensasi di panggul serta Anda mengalami kesulitan untuk menuntaskan air kemih ketika pipis.

Namun, berita baiknya adalah seperti halnya otot di tubuh Anda, dasar panggul dan otot vagina dapat diperkuat dengan latihan seperti gerakan planks, squats, sit-up, lunges yang dapat memberi manfaat mengencangkan otot vagina kendur. Menurunkan berat badan dan berhenti merokok juga merupakan salah satu cara mudah yang bisa mulai diterapkan untuk mencegah otot vagina kendur lebih cepat.

Sumber: WebMD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: